Selasa, 21 Desember 2010

Tridente Los Azulgrana terbaik di Dunia

Barcelona – Tridente Los Azulgrana terbukti paling efektif di dunia. Lionel Messi, David Villa, dan Pedro, menuntaskan serangan dan mengawali pertahanan. Mereka juga paling subur dalam sejarah Barcelona.

Banyak yang bilang, Barcelona menghadapi risiko yang sangat serius. Karena gaya mainnya, pasukan Pep Guardiola ini dianggap kehilangan rasa realisme dan menganggap enteng kesulitan. Faktanya, untuk musim ketiga secara beruntun, Barcelona terus mempertajam rekornya.
Tiga penyerangnya, Messi, Villa, dan Pedro, menunjukkan kedewasaannya. Mereka tak hanya sekadar penuntas serangan yang jitu. Trio Blaugrana ini juga menjadi awal pertahanan yang efektif dan memberikan tekanan terhadap pemain belakang lawan.
Tidaklah mengherankan, ketiganya hingga kini sudah mencetak 51 dari 77 gol yang dijaringkan Barcelona dalam 26 pertandingan resminya sepanjang musim 2010-11. Artinya, tak kurang dari 66,2 persen total gol Barcelona lahir dari ketiganya.
Catatan ini lebih baik ketimbang saat trio Messi-Samuel Eto’o-Thierry Henry memimpin lini depan yang membawa Barcelona meraih treble pada musim 2008-09. Saat itu, Messi-Samu-Titi hanya mencetak 44 gol, atau 61 persen dari 72 gol yang dicetak Barcelona untuk kurun waktu yang sama.
Tentu saja, itu juga jauh lebih baik ketimbang musim lalu, saat Barcelona menggunakan tridente Messi-Zlatan Ibrahimovic-Pedro. Saat itu, dengan kurun waktu yang sama pula, ketiganya mencetak 40 dari 61 total gol.
Villa yang dibeli Barcelona dari Valencia, sanggup menjawab dua keraguan sekaligus. Dia membuktikan diri lebih efektif bekerja sama dengan Messi ketimbang figur penyerang jangkung Swedia, Ibrahimovic dengan Messi. Dia juga membuktikan bahwa dirinya masih lebih baik ketimbang Eto’o untuk posisi sebagai penyerang. [ing]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar